Pages

Minggu, 24 Maret 2013

My First Experience Using The Internet


Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit menceritakan tentang pengalaman pertama kali saya menggunakan internet. Sebenarnya, saya sedikit merasa terlambat dalam menggunakan dan mengenal internet. Pertama kali saya menggunakan internet ketika saya duduk dibangku smp, tepatnya saat saya masih berada di kelas 7 smp. Padahal bila melihat anak pada zaman sekarang, mereka sudah mahir menggunakan internet bahkan saat mereka masih sd. Namun saya yakin selama kita terus berusaha mempelajari tentang internet dengan giat, pasti nantinya kita akan dapat menguasai dan memahami internet dengan lebih baik.
Sebenarnya saat pertama kali saya menggunakan internet merupakan hal yang tak terduga. Itu terjadi ketika saya dan teman saya mendapat tugas dari guru sejarah di sekolah saya untuk mencari tentang “perkembangan peradaban manusia”. Akhirnya kamipun berusaha mencari data mengenai tugas tersebut. Namun, setelah sekian lama mengumpulkan data tersebut. Hasilnya masih kurang memuaskan, masih banyak informasi yang kurang untuk menyempurnakan tugas kami. Akhirnya, setelah beberapa lama berpikir.  Teman sayapun meyarankan untuk mencari data yang kurang tersebut melalui internet. Padahal pada waktu itu kamipun masih belum mengerti tentang “bagaimana sih cara mencari informasi melaui internet ?”. Wajar saja, karena pada waktu itu dari sekolah kami saja belum memberikan pengetahuan mengenai internet. Tapi agar tugas yang kami kerjakan bisa selesai dengan memuaskan, akhirnya kami bergegas menuju “Warnet” (Warung Internet).
Hari itu adalah hari pertama saya memasuki warnet., disana saya benar-benar masih merasa canggung dan bingung. Tanpa pikir panjang teman saya langsung meminta paket 3 jam kepada penja warnet tersebut. Setelah itu mulailah kami mencari infromasi untuk tugas kami. Namun apa yang terjadi, setelah kami membuka web browser yang pada waktu kami menggunakan mozilla firefox. Kami malah kebingungan sendiri karena tidak tahu cara menggunakan internet. Benar-benar saya merasa sangat gaptek pada waktu itu.
Entah berapa lama muncul penjaga warnet di hadapan kami, sepertinya dia telah memperhatikan kami sejak tadi. Kamipun menceritakan tentang masalah kami itu padanya. Untungnya dia dengan senang hati menolong kami. Diapun menyarankan kami membuka “Google”, itu adalah alamat web pertama yang saya buka sekaligus menjadi search engine pertama yang saya tahu. Setelah membuka Google, sayapun diajarkan cara menggunakan Google untuk mencari informasi yang saya butuhkan. Dengan memasukkan keyword informasi yang kita cari maka muncul banyak link web yang saya cari. Dan dengan mengklik link web tersebut sayapun masuk ke halaman web tersebut dan terbukti ternyata informasi yang terdapat pada internet lebih lengkap ketimbang yang kami cari di buku. Selain itu kamipun tidak perlu lagi repot-repot membaca banyak buku sebagai media pencari data. Dengan bantuan Google benar-benar lebih mudah untuk mencari informasi.
Tidak hanya itu, dia juga mengajarkan cara mencari gambar pada Google. Dengan mengklik images pada menu yang terdapat di Google serta memasukkan keyword. Gambar yang kita cari untuk menyempurnakan tugas kami langsung ditemukan. Sungguh suatu hal yang sangat praktis. Akhirnya, kamipun menyelesaikan tugas kami itu setelah merasa cukup untuk informasinya. Kamipun langsung mencetak tugas tersebut di warnet itu kemudian pulang ke rumah masing-masing.
Pada hari itu saya merasa mendapat pelajaran yang sangat penting dan hal itu pulalah yang membuat saya akhirnya ingin lebih mendalami internet itu sendiri hingga sekarang. walaupun bisa dikatakan sampai sekarangpun pengetahuan saya mengenai internet masih sangat sedikit. Tapi dengan terus mau belajar maka itu akan dapat teratasi. Karena tak ada yang tak mungkin selama kita mau mencoba dan berusaha. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More