Pages

Jumat, 12 Oktober 2012

Konsep Dasar New Media dan Contoh Aplikasi New Media

A.  Definisi New Media
Akhir-akhir ini kita sering mendengar kata-kata tentang new media. Secara tidak langsung pastinya kita bertanya-tanya apa itu new media dan seperti apa contohnya. Kadang ada yang kurang tepat mengartikan new media. Setelah saya membaca beberapa referensi, saya mendapat pengertian bahwa :

“New media is a term meant to encompass the emergence of digital, computerized, or networked information and communication technologies in the later part of the 20th century. Most technologies described as “new media” are digital, often having characteristics of being manipulated, networkable, dense, compressible, interactive and impartial. Some examples may be the Internet, websites, computer multimedia, computer games, CD-ROMS, and DVDs. New media is not television programs, feature films, magazines, books, or paper-based publications.

 artinya : Media baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh seperti Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas. (Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/New_media)

Jadi, Media baru secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum, dsb yang menggunakan komputer sebagai media-nya. Jadi, sangatlah tidak tepat untuk memasukkan televisi, radio apalagi media cetak sebagai bagian dari media baru. 

B. Pandangan New Media
Bisa dibilang dengan adanya new media semakin memudahkan kita untuk saling bertukar informasi. Kita juga bisa menambah wawasan kita tentang banyak hal. Semakin mudahnya kita mencari informasi yang kita butuhkan. Namun, menurut saya bukan berarti new media selalu bersifat positif. Adapula dalam beberapa hal yang bersifat negatif. Karena itu, di butuhkan kedewasaan serta kebijakan dari orang yang menggunakannya.

C. Manfaat New Media
Bisa dibilang sangat banyak sekali manfaat dari adanya new media.  Contohnya saja kita dapat memanfaatkan new media sebagai sarana bisnis seperti berjual-beli online, Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring sosial. Dan juga bisa sebagai sarana edukasi dengan adanya buku-buku digital yang mudah dan praktis. Juga sebagai sarana informasi yang tiada batas dan selalu up-to-date.

D. Komponen-komponen New Media
Komponen dalam new media terdiri dari tiga buah, yaitu:
# Produsen -> Yaitu sebagai pembuat new media itu sendiri. Produsen disini membuat New Media berdasarkan kebutuhan yang sedang berkembang dalam masyarakat saat ini.
# Distributor -> Yaitu sebagai penyalur New Media dari pihak produsen ke pihak konsumen.
# Konsumen -> Yaitu sebagai pemakai New Media yang telah jadi dan siap untuk berguna bagi masyarakat. Konsumen inilah yang akan menilai apakah New Media tersebut akan cocok dengan kebutuhan saat ini atau tidak. 

E. Aplikasi-aplikasi pada New Media
Kalau saya sebutkan satu per satu tentunya tidak akan cukup. Jadi saya hanya akan menjelaskan beberapa aplikasi new media yang memang sangat familiar.

Facebook
Saya yakin bahwa diantara kalian semua tidak ada yang tidak tahu tentang salah satu jejaring sosial yang satu ini. Bahkan kalian juga pasti memiliki akun facebook. Bisa jadi malah lebih dari satu. Mulai dari anak anak sampai orang dewasa berlomba lomba memperluas jaringan sosial mereka dengan menggunakan salah satu jenis new media ini. Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Dengan adanya facebook kita jadi bisa saling berbagi informasi antar teman,sahabat,dan sanak saudara yang mungkin terpisah jauh dari kita. Kita juga bisa memiliki teman baru dengan saling berteman di facebook. 

Youtube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal : Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Youtube bisa menjadi sarana kita mengekspresikan diri kita. Misalnya saja akhir-akhir ini banyak sekali para pengguna youtube yang menggunakan youtube untuk memperlihatkan bakat mereka seperti bernyanyi,akting, dan lain-lain. Dan youtube juga dapat sebagai alat promosi gratis bagi siapa saja yang ingin mempromosikan karya-karya mereka. Baik berupa lagu,puisi, dan lain-lain.

F. Kelebihan dan Kekurangan New Media
Kalau anda membaca artikel ini dengan seksama, pastinya anda sudah bisa melihat banyaknya kelebihan dari adanya new media. Mulai dari banyaknya informasi yang bisa kita dapatkan di dalamnya, sarana pendidikan, jual-beli, serta tempat mengekspresikan diri. Namun, sebenarnya adapula kekurangan dari New Media contohnya Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data-data yang bersifat pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.Virus. Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar. Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring social. Serta adapula pemanfaatan new media yang kurang tepat, seperti pemakaian new media sebagai sarana pornografi. Maka itu dibutuhkan ketepatan dalam haal pemakaian new media. Dan pendidikan sebelumnya kepada para anak-anak yang baru akan menggunakan new media. Agar nantinya tidak ada salah penggunaan dari new media tersebut.

Referensi-referensi :
http://new-media.kompasiana.com/2010/02/05/memahami-istilah-media-baru-new-media/
http://bayyuaji.wordpress.com/2012/01/05/definisi-new-media-beserta-manfaat-dan-aplikasinya/




1 komentar:

Konsep Dasar New Media Dan Contoh Aplikasi New Media ~ Blog Tempat Berbagi >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Konsep Dasar New Media Dan Contoh Aplikasi New Media ~ Blog Tempat Berbagi >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Konsep Dasar New Media Dan Contoh Aplikasi New Media ~ Blog Tempat Berbagi >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More