Pages

Senin, 05 Maret 2012

Pengertian , Tujuan Dan Ruang Lingkup IBD

Ilmu budaya dasar atau yang dalam bahasa inggrisnya berarti basic humanities dalam pengertian mudahnya bisa dikatakan ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar kebudayaan. Namun bila kita mengartikannya lebih spesifik ilmu budaya dasar ialah ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan dasar, pengertian umum serta pemahaman tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Ilmu budaya dasar atau basic humanities sebenarnya merupakan dari istilah bahasa inggris yaitu "the humanities". Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia, berbudaya dan halus. Dari artinya saja bisa kita simpukan bahwa ilmu budaya dasar mengajarkan pada kita untuk dapat menjadi manusia yang lebih dapat memahami nilai-nilai manusia itu sendiri sehingga kita dapat menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya, dan lebih halus pada sesama manusia.

- Tujuan Ilmu Budaya Dasar

Pada hakekatnya ilmu budaya dasar bertujuan untuk melatih kita lebih peka terhadap berbagai masalah ataupun gejala yang terjadi dalam lingkungan. Khususnya masalah-masalah mengenai kebudayaan serta kemanusiaan. Hingga dapat membuat kita dapat membentuk serta mengembangkan kepribadian kita. Selain itu, juga dapat pula memperluas wawasan perhatian kita akan lingkungan sehingga dapat membuat kita lebih tanggap dan juga dapat lebih kritis akan permasalahan kebudayaan dan kemanusiaan disekeliling kita. Dengan begitu kita dapat menjadi manusia yang lebih intelektual terutama dalam hal cara pandang akan nilai-nilai budaya dan kemanusiaan.

- Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Bisa dikatakan ruang lingkup ilmu budaya dasar pastinya ialah tidak terlepas dari masalah-masalah manusia dan kebudayaannya. Melihat dari susunan tujuannya, terdapat dua masalah inti yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup dari ilmu budaya dasar yaitu :

1) Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
2) Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

Bisa dibilang ilmu budaya dasar ialah ilmu yang memposisikan manusia sebagai objek utama dalam pengkajiaannya. Yaitu hubungan manusia dengan alam, sesema serta hubungannya dengan dirinya sendiri dan dengan "Sang Pencipta". Dari hal itulah dapat kita kembangkan bahwa pokok-pokok bahasan dalam ilmu budaya dasar meliputi :

1. Manusia dan cinta kasih
Mempelajari tentang kasih sayang, pemujaan dan kemesraan.
2. Manusia dan Keindahan
Mempelajari tentang renungan, kehalusan dan keserasian.
3. Manusia dan Penderitaan
Mempelajari tentang rasa sakit, kesyahidan, siksaan, dan kesengsaraan.
4. Manusia dan keadilan
Mempelajari tentang kejujuran, pemulihan nama baik dan pembalasan.
5. Manusia dan Pandangan hidup
Mempelajari tentang cita-cita dan kebajikan.
6. Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
Mempelajari tentang kesadaran dan pengorbanan.
7. Manusia dan kegelisahan
Mempelajari tentang keterasingan, ketidakpastian dan kesepian.
8. Manusia dan harapan
Mempelajari tentang kepercayaan dan harapan.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More